Jelang Final Liga Europa

Jelang Final Liga Europa

Dua Pelatih Argentina Adu Taktik di ‘Final Spanyol’

Selasa, 08/05/2012 11:57 WIB

FOTO:

Jakarta – Semasa masih bermain Diego Simeone pernah ditangani Marcelo Bielsa. Kini kedua pria Argentina itu justru akan saling berhadapan sebagai sesama pelatih, ketika Athletic Bilbao berduel dengan Atletico Madrid di final Liga Europa yang mengetengahkan dua klub asal Spanyol.

Karier melatih Simeone di Vicente Calderon dimulai bulan Desember lalu ketika ia didapuk menangani Atletico, yang juga pernah ia bela saat masih aktif bermain.

Kiprah Simeone, yang mulai menekuni dunia kepelatihan dengan menangani Racing pada tahun 2006, terbilang cukup oke. Di bawah arahan mantan pemain timnas Argentina itu Atletico sudah berhasil melewati hadangan Lazio, Besiktas, Hanover 96 dan Valencia dalam perjalanan menuju final Liga Europa musim ini.

Kini keahlian Simeone dalam meracik taktik akan diuji oleh sosok yang tak asing lagi untuknya, yakni Bielsa yang duduk di kursi pelatih Bilbao. Simeone sendiri disebut Reuters sudah memainkan 30 laga terakhirnya–dari total 106 caps–bersama timnas di bawah arahan Bielsa pada periode 1998-2004.

“Aku belum bicara kepada Bielsa tetapi aku punya rasa hormat besar untuknya,” kata Simeone.

Tantangan untuk Simeone tidak kecil mengingat polesan Bielsa di Bilbao pun sudah menuai banyak pujian. Meski dikenal eksentrik, Bielsa sudah berhasil menerapkan gaya permainan berbasis penguasaan bola di Bilbao, membuat tim itu kini dibanding-bandingkan dengan Barcelona.

Yang luar biasa, Bielsa melakukannya dalam waktu relatif singkat karena baru mulai melatih Bilbao sedari musim panas lalu. Belum genap semusim, ia sudah mengantar Los Leones ke dua final; Copa del Rey kontra Barcelona dan Liga Europa lawan Atletico.

“Aku ingin memenangi final, terlepas dari ada atau tidaknya dua pemain yang pernah aku tangani di kubu lawan,” tegas Bielsa merujuk kepada Simeone dan mantan pemain internasional Argentina lain, German Burgos, yang jadi asisten Simeone.

“Kami sudah sepakat untuk tidak berbicara sampai dengan satu bulan setelah final. Burgos bertindak sebagai penyampai pesan,” lanjutnya.

Sumber: Detik Sport

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s